Biaya Tambahan di Ongkos Kirim?



Seringkali anda ingin mengecek sendiri biaya kirim sebenarnya di kurir langganan anda. Kurir seperti JNE, TIKI, Wahana atau Pos menyediakan website yang memungkinkan anda melakukan perkiraan ongkos kirim (ongkir) sebelum melakukan pemesanan ke online shop langganan anda. Kadang-kadang pelanggan Ladaka juga melakukan hal tersebut. Kami maklum bahwa itu bukan tanda ketidakpercayaan, melainkan lebih untuk menyiapkan budget yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya perlu cepat yang berarti dikenakan biaya lebih tinggi dari pengiriman reguler (biasa).

Ketika melakukan simulasi ongkos kirim, pastikan anda menuliskan alamat yang tepat, termasuk wilayah kota atau kabupaten. Kurir yang menggunakan jasa udara akan mengenakan biaya yang tinggi untuk daerah yang tidak memiliki bandara. Makanya, bisa saja terjadi, mengirim ke alamat yang lebih dekat tapi malah dikenakan biaya yang lebih mahal dari alamat yang lebih jauh. Jangan kaget ketika pihak online shop mengenakan ongkir yang seperti itu. Detilnya pernah kami tulis disini.

Namun, penting untuk memperhatikan biaya-biaya tambahan diluar yang tercantum di website tersebut. Tiap kurir menerapkan biaya tambahan yang berbeda-beda. Pos misalnya, menerapkan biaya tambahan untuk asuransi. Sedangkan contoh di foto ini tampak bahwa TIKI menambahkan 10% dari daftar ongkos kirimnya, yang dibagi menjadi 2 bagian, untuk packing dan admin. Packing itu mungkin maksudnya bungkus plastik itu kali ya? Sedangkan admin mungkin maksudnya untuk ngeprint resi seperti ini dan database.


Kurir darat umumnya lebih simple. Misalnya ongkir Rp 50.000 berarti ya cuma membayar Rp 50.000. Mereka baru menerapkan biaya tambahan jika ternyata alamat berada jauh dari kantor agen di kota tujuan. Bahkan jika sampai keluar kota, biaya tambahan yang mereka sebut "biaya penerus" kadang sama besar dengan ongkir itu sendiri.

Olshop yang ramai seperti Ladaka, umumnya tidak mau ambil pusing dengan tambahan-tambahan biaya seperti itu. Ongkir yang diminta ke pelanggan adalah total dari seluruh ongkir. Apabila ada selisih akibat dari prosentase biaya tambahan yang berbeda tiap kurir, Ladaka sudah memasukkannya kedalam resiko. Pelanggan tidak akan terganggu dengan pernak-pernik detil tersebut. :D
Share on Google Plus

About Lusi T

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.