Wajib Cek Ketersediaan Barang

Sering sekali kami menerima sms, WA atau bbm yang menanyakan ketersediaan barang. Meski sulit karena harus membuka daftar yang terus berubah, tapi kami berusaha menjawab, asal produk yang dituju jelas, tidak semuanya ditanyakan. Entah mengapa sedikit yang memanfaatkan website ini untuk mengecek sendiri ketersediaan barang tersebut, padahal bisa lebih bebas. Mungkin karena sedang sibuk atau sinyal yang tidak memadai. Kami berusaha memaklumi.


Tidak hanya untuk website ini saja, mengecek ketersediaan barang pada saat belanja di toko online manapun itu wajib. Jangan terburu-buru memesan barang tersebut sebelum jelas status stocknya. Ada beberapa istilah yang sering digunakan oleh toko online.


Availability Ladaka


Ready stock: barang yang bisa langsung dikirim jika anda melakukan pembelian.


Out of stock: barang telah habis terjual, anda harus menunggu restock.


Sold: barang telah habis terjual, anda harus menunggu restock.


Restock: produk yang stock-nya kosong telah diisi kembali.


Made to order: barang yang hanya dibuat jika ada pesanan (PO = purchase order).


Perhatikan pula cara pembelian/pemesanan, how to buy, Terms and Conditions dan sejenisnya tentang ketentuan pembelian. Kadang ada toko online yang mencantumkan ketentuan bahwa jika stock habis mereka perlu waktu untuk melakukan pemesanan ke supplier mereka. Kata-kata ini menjebak karena mereka tidak mencantumkan berapa lama pengadaannya. Dalam display, produk juga tidak dinyatakan sold, terjual atau out of stock. Bahkan ada yang normal saja sampai konfirmasi pembayaran. Setelah lama tidak terkirim dan kita komplain barulah mereka mengatakan sedang diusahakan ke supplier.


Berarti toko online tersebut hanya bermodal foto, tidak punya barang? Ada jenis produk tertentu yang harus demikian karena masalah penyimpanan, misalnya barang-barang elektronika yang baru diambil dari produsen jika ada yang melakukan pembelian. Namun beberapa toko online elektronika sudah mencantumkan perkiraan pengadaan barang sehingga konsumen tahu berapa lama harus menunggu sebelum melakukan pembelian.


Kecermatan wajib dalam belanja online, tapi sesungguhnya tidak sulit. Masih banyak toko online yang bisa dipercaya.

Share on Google Plus

About Lusi T

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.