Apakah COD itu?

paket


COD adalah cash on delivery, maksudnya pembayaran tunai yang dilakukan ketika pesanan diterima. COD dilakukan apabila pengiriman dilakukan sendiri oleh pemilik usaha atau dengan menyewa jasa kurir khusus. Karena memakan waktu yang cukup banyak, tidak semua olshop menyediakan layanan COD. Yang sudah melakukan COD  kebanyakan adalah online shop besar berjaringan internasional. Tapi makin hari, makin banyak juga online shop pribadi yang menyediakan layanan ini.


Di kota besar yang rawan macet seperti Jakarta, banyak pemilik usaha yang menggunakan jasa kurir khusus dibandingkan jika harus memiliki karyawan tersendiri dibagian pengiriman karena pembayaran ke jasa kurir dilakukan hanya jika ada penjualan atau pengiriman saja.


Jika anda memilih sistem COD di online shop yang menyediakan, harap mewaspadai hal-hal berikut ini:




  • Waspadalah terhadap kurir yang tidak mengenakan seragam karena beberapa kejahatan melibatkan orang-orang yang mengaku akan mengantar barang. Jika tidak yakin, teleponlah kantornya untuk memastikan bahwa mereka memang menugaskan orang untuk mengantar pesanan.

  • Bukalah terlebih dahulu pesanan anda didepan kurir supaya lebih mudah melakukan klaim jika pesanan anda rusak atau cacat.

  • Lakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan dengan customer service karena ada saja jasa kurir yang nakal, meminta uang transport atau untuk membeli materai. Jika anda ingin memberi tips, itu adalah pilihan anda sendiri.

  • Mintalah kwitansi tanda terima uang yang anda bayarkan dan mintalah kurir tersebut tanda tangan dengan membubuhkan nama jelas.


Selama ini belum terdengar kecurangan pembayaran dari sistem ini karena umumnya COD dilakukan untuk produk retail dengan nomimal yang tidak begitu besar dan kebanyakan pengiriman dan penerima pembayaran dilakukan oleh karyawan sendiri yang sudah terpercaya. Namun itu jangan membuat anda kurang waspada karena manusia bisa saja khilaf.


Ladaka Handicraft sendiri belum memberikan layanan COD ke pelanggan diluar Jogja kota. Untuk Jogja kota, Ladaka mempersilakan pelanggan di Jogja kota untuk menggunakan sistem ini tanpa biaya alias gratis pengiriman, hanya membayar produknya saja. Syarat dan ketentuan berlaku.

Share on Google Plus

About Lusi T

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.