Tips Mengubah Suasana Ruang Tamu

Ada dua peristiwa penting yang membuat orang mengubah total penampilan ruang tamunya, yaitu hari raya dan pernikahan. Meski tidak mengadakan open house, mengubah ruang tamu membuat suasana semarak dan penghuni rumah bersemangat. Demikian pula meski pernikahan tidak dilakukan dirumah. Sebelum dan sesudah peristiwa-peristiwa penting tersebut, tamu sudah berdatangan satu, dua, bahkan berombongan. Maka jauh-jauh hari pemilik rumah sudah melakukan perbaikan atau perubahan disana-sini.


Dikota-kota kecil masih ada tradisi membeli meubel jelang hari raya. Jangan heran jika melihat toko-toko meubel sangat sibuk jelang hari raya. Tapi tak semua orang melakukan hal itu karena berbagai alasan, misalnya rumah yang kecil tidak mungkin menambah perabotan baru, perlu biaya tambahan yang tidak sedikit dan sebagainya. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengubah suasana ruang tamu agar di hari-hari istimewa ruang tamu tampil beda.


Berikut beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan:


1. Mengganti pernik ruang tamu yang terbuat dari kain. Ini adalah perubahan yang paling mudah dan langsung terlihat hasilnya. Taplak, sarung bantal dan gorden yang baru akan membuat ruang tamu terlihat fresh. Jika punya perencanaan jangka panjang, pesanlah jauh-jauh hari dengan warna senada. Tapi jika menunggu THR keluar, saat ini banyak yang sudah bisa dibeli jadi, tinggal pasang. Hargapun bervariasi, sesuaikan dengan kantong kita. Jika tak mau mengeluarkan uang, cuci saja yang bersih dan wangi, serta pasang lagi dengan lebih rapi. Penampilan bahan lama ini bisa dibantu dengan hiasan-hiasan, misalnya pin kupu-kupu di gorden atau meletakkan vas bunga, tempat lilin dan hiasan lainnya.


2. Mengganti cat tembok, pintu dan jendela. Ini juga seketika mengubah penampilan ruang tamu, tapi memerlukan biaya dan tenaga. Jika ingin irit, catlah sendiri. Jaman sekarang, perempuan banyak yang mengecat sendiri ruangannya. Hanya saja, untuk sebuah rumah, lazimnya tidak hanya ruang tamu yang dicat baru tapi seluruh rumah.


3. Menambah wadah fungsional. Dengan anggaran lebih kecil, hal ini cocok untuk dilakukan. Wadah-wadah yang diperlukan diruang tamu seperti tempat majalah, tempat minuman mineral, tempat tissue diatur agar tidak sekedar sebuah tempat tapi juga enak dilihat dan senada dengan ruang tamu. Misalnya produk-produk storage yang dimiliki Ladaka Handicraft.


4. Menambah pernak-pernik ruang. Jika dirasa perabotan yang dimiliki sudah cukup, dengan sedikit penambahan aksesoris agar ruang tamu lebih berseri, misalnya vas bunga, pigura foto atau lampu-lampu cantik.


5. Mengganti posisi perabotan. Ini adalah usaha terakhir yang tanpa biaya. Cukup luangkan waktu dan tenaga untuk mengubah posisi perabotan agar tercipta suasana baru.


Apapun rancangan kita, jangan lupakan yang utama, yaitu kebersihan dan senyum ramah penghuninya. :D

Share on Google Plus

About Lusi T

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 comments :

  1. Makasioh tipsnya mak, kdg jenuh jg dgn suasana yg sama di rmh dlm waktu lama nah tips ini bisa dicoba 😊

    ReplyDelete
  2. Mak Irma, mbak Fitri, mbak Sie-Thi: terima kasih :))

    ReplyDelete

Maaf komentar dimoderasi. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.