Macam-macam Kerajinan Dari Kulit Binatang

Jaman dulu, kerajinan yang berasal dari kulit kurang digemari karena baunya yang kurang sedap. Dunia kerajinan sudah sangat maju. Bau kulit seperti itu bisa dihilangkan. Ditangan designer handal, kulit bisa disulap menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Sebuah tas kulit sapi misalnya, harga dipatok diatas Rp 600.000,- lebih mahal dari tas kw merk internasional. Meski begitu, tas kulit sapi tersebut memberi kesan elegan, eksklusif, natural dan klasik.

Beragam kulit binatang bisa digunakan untuk kerajinan.

Kulit sapi. Kulit sapi bisa dijadikan tas, dompet, sepatu, ikat pinggang dan sebagainya. Sentra kerajinan kulit sapi yang terkenal adalah di Desa Wisata Kerajinan Kulit Manding, Bantul, DIY. Kulit sapi yang keras memberi kesan kokoh. Kerajinan ini 100% handmade. Supaya kelihatan lebih variatif dan harga terjangkau, seringpula kulit hanya diletakkan di bagian pegangan dan aksen tas, lalu dikombinasikan dengan bahan lain, misalnya kain. Belakangan, produk yang 100% kulit kembali digemari karena tampilannya yang klasik, meski harganya mahal.

Kulit domba. Tahu domba? Berbeda dengan kambing, domba lebih besar dan bulunya lebih lebat. Karena lebih lunak, selain untuk tas dan dompet, kulit domba juga dijadikan bahan pembuatan jaket. Salah satu sentra yang terkenal adalah Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang, Garut. Harga kerajinan kulit kambing lebih murah daripada kulit sapi, tapi selisihnya tidak jauh.

Kulit buaya. Kulit buaya bisa dibuat hampir untuk segala macam perlengkapan atau aksesoris laki-laki dan perempuan, antara lain tas, dompet, sepatu , ikat pinggang dan sebagainya. Kerajinan kulit buaya yang terkenal kualitasnya adalah yang dari buaya papua. Untuk tas perempuan saja harganya hingga jutaan rupiah. Di Jawa, banyak produk serupa yang jauh lebih murah karena menggunakan buaya dari species yang populasinya masih cukup banyak. Dari segi tampilan tentu saja tampak beda jauh. Yang produksi papua terkesan eksklusif.

Kulit ular. Dibandingkan dengan kulit buaya, kulit ular lebih banyak digunakan untuk aksesoris perempuan misalnya tas atau sepatu. Kulit ular memiliki corak yang lebih beragam dan fleksibel dalam pewarnaan. Untuk tampilan yang lebih modern, kulit ular lebih banyak dipilih. Sentra kerajinan kulit ular ada beberapa di Jawa, antara lain di Sukabumi dan Pemalang.

sandal

Nah, teman-teman ada yang tahu, kulit binatang apalagi yang bisa dibuat kerajinan?

Sumber:

Nationalgeographic.co.id

Repost dari www.burselfwoman.com
Share on Google Plus

About Lusi T

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

3 comments :

  1. kelemahan dari produk yang dari bahan kulit ular biasanya cepet rusak soalnya kulit ular sangatlah tipih...
    perawataanya jadi harus beerhati-hati

    ReplyDelete
  2. biasanya kulit apa saja yang sering dijadikan untuk kerajinan sist?
    terimakaish ;)

    ReplyDelete
  3. Jenis kulit ular pa yang paling bagus untuk di jadikan kerajinan kulit ? terimaksih

    ReplyDelete

Maaf komentar dimoderasi. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.