Kerajinan Spesifik Bukit Tinggi

Spesifik adalah kata untuk menyebut “khas” di Bukittinggi, Sumatra Barat. Bukittinggi sudah terkenal dengan kerajinan sulam, border dan songketnya. Tapi jika banyak yang harus diberi oleh-oleh, kerajinan apakah yang terjangkau. Karena untuk songket yang halus harganya bisa ratusan ribu sampai jutaan. Kerajinan spesifik Bukittinggi bisa didapat di Pasar Atas atau di Pasar Seni yang terletak di Taman Panorama, tempat kita bisa memandang dengan takjub Ngarai Sianok.

Yang perlu diperhatikan dalam membeli kerajinan spesifik Bukittinggi adalah tidak semuanya spesifik. Banyak yang di “impor” dari Jogja, terutama produk-produk murah kodian seperti gantungan kunci, sandal, gelang, kalung, tas dan baju batik santai. Bahkan banyak ditemui baju batik santai yang ditimpa dengan sablon “Bukittinggi”. Tawar-menawar sudah pasti ada, tapi “deal” or “no deal” tergantung keinginan dan dompet anda. Karena beberapa produk sangat sayang jika tidak dibawa pulang.

Waktu terbaik untuk belanja adalah pagi. Anda masih fresh, pengunjung belum berjubel, pengasong belum banyak dan penjual mengharapkan pete (pecah telur).

Meskipun kerajinan spesifik Bukittinggi yang paling terkenal adalah songket dan bordir kerancang, tapi saya sangat menyukai sulaman benang berwarna natural, yang mengingatkan aksesoris rumah di jaman belanda. Harganya sekitar Rp 150.000 yang bijian sampai Rp 400.000 yang set. Sedangkan bordir kerancang atau yang bordirannya berlubang-lubang seperti bordir Tasikmalaya, dihargai Rp 100.000 sampai Rp 300.000 untuk atasan dan lebih mahal lagi untuk mukena. Saya tidak membeli mukena karena sudah pernah diberi oleh-oleh mukena. Yang unik lagi adalah gamis yang di kristik full dari atas ke bawah, seharga Rp 175.000 – RP 300.000.

Nah, untuk anak-anak jangan mahal-mahal karena mereka belum mengerti nominal. Anak-anak biasanya suka diawalnya, tapi setelah itu bosan. Ada lukisan-lukisan kecil seharga Rp 10.000 yang bisaa ditulis nama. Jika anak-anak bosan, kita bisa memajangnya sebagai hiasan kamar dan kenang-kenangan.

Apalagi yang belum? Oh, ya T-shirt adalah oleh-oleh yang paling fleksible untuk anak-anak, remaja, tua dan muda. Bisa dibeli dengan harga Rp 20.000 – Rp 50.000.
Share on Google Plus

About Lusi T

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.