Kerajinan Batu Apung

Tahukah teman-teman jika batu apung tidak hanya berguna untuk menggosok daki di kaki atau menghias kolam ikan? Saya mengenal batu apung sebagai produk kerajinan ketika menyiapkan produk untuk pameran di Ambiente, Jerman. Saya sendiri tidak berangkat sih, cuma menyiapkan produk dan penawaran heheheee... Sempet pusing mencari bahasa Inggrisnya batu apung. Masa floating stone? Ternyata istilah yang sering dipakai di kerajinan adalah pumice.
Produk kerajinan dari batu apung tidak terlalu dikenal di Indonesia tapi sangat diminati di Eropa. Kadang saya juga tidak habis pikir, sebagai pemilik sumber alam dan pengrajinnya, kita justru memenuhi rumah kita dengan wadah-wadah plastik yang tidak ramah lingkungan dan sepuhan aluminium tipis yang mudah terkikis dan berkarat.
Batu apung adalah batuan vulkanik. Menurut teman saya, sarjana pertanian yang menjadi pengusaha kerajinan, Gunung Kidul memiliki banyak jenis batuan yang bisa dijadikan kerajinan, antara lain batu apung. Gara-gara sering penelitian ke Gunung Kidul itulah teman saya itu malah tidak menekuni profesi sesuai gelarnya, tapi nekat menjadi pengusaha kerajinan. Tapi, khusus untuk batu apung, jika perlu banyak, misalnya untuk ekspor, pengusaha lebih banyak membeli dari Bali dan Lombok. Mengapa begitu? Saya sendiri kurang paham karena produk batu yang kami bawa waktu itu tidak mendapat order terlalu banyak karena masalah packaging yang kurang praktis.
Jadi, batu apung itu bisa dibuat apa saja sih? Yang paling diminati adalah untuk kap lampu dan tempat lilin. Ada juga untuk figura, hiasan taman dan flooring. Meskipun terlihat kokoh, batu apung sangat ringan. Stand lamp yang tingginya se saya pun bisa saya angkat hanya dengan satu tangan. Bayangkan stand lamp dari batu apung berdiri di sudut ruang tamu. Cahaya temaram dari bola lampu yang terperangkap kapnya dan tampilan khas bebatuan memberikan suasana yang tenang dan alami.

Repost dari www.burselfwoman.com
Share on Google Plus

About Lusi T

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.