Belanja Online Itu Tidak Sulit

Yang disebut belanja online itu seperti apa sih? Bisakah jualan via BB saja disebut online shop? Definisi belanja online sendiri tidak ada yang pasti. Yang jelas, belanja online dilakukan tanpa tatap muka, menggunakan teknologi komunikasi. Bentuk teknologi komunikasinya ini yang tidak ada definisi pasti. Kenyataannya, banyak online shop yang hanya berjualan via BB. Yang mau repot dikit, menambahkan media sosial seperti facebook, twitter dan instagram, dan sebagainya. Yang serius, menambahkan pula website yang berfungsi sebagai etalase virtual.

Meski sudah ada website e-commerce untuk belanja online, masih banyak potensi konsumen Indonesia yang gaptek. Suka produknya, tapi tidak tahu cara belanjanya. Punya akun facebook dan twitter, tapi bingung mengisi kolom email.

Tapi jangan biarkan hal itu menjadi kendala. Enggak asik ya, udah mupeng banget sama produknya tapi enggak segera beli karena kendala seperti itu. Saat ini, banyak pengelola olshop yang masih mencantumkan no telepon dan berbagai fasilitas chat. Mereka membuka akses sebanyak mungkin kepada calon konsumen. Demikian juga dengan Ladaka Handicraft.

Tidak usah bingung harus mengisi form-form yang disediakan, bisa kontak langsung customer service (CS). Tapi, supaya efektif, tidak bikin kesel dan tidak bikin habis pulsa, perhatikan dulu cara berikut ini:

1. Cek ketersediaan produk di etalase resmi olshop tersebut. Kalau Ladaka sih di website ini ya dan fanpage facebook. Item produk yang sangat banyak, tidak memungkinkan CS mengirimnya ke anda karena memory yang banyak terpakai. Jadi kontak CS sebelum melihat ketersediaan produk itu sebenarnya buang-buang waktu dan pulsa. Apalagi minta foto. CS yang baik akan berusaha menuruti keinginan pelanggan, tapi waktunya akan sangat lama yang membuat anda kesal.

2. Baca aturan pemesanan dan pembelian melalui sms atau whatsapp atau BlackBerry.

3. Hubungi kontaknya sesuai aturan. Jika textnya tak sesuai aturan karena males ribet, paling tidak jangan menggunakan akses yang tidak disarankan, misal maksa telpon-telpon. Kalau diabaikan, kesel kan? Padahal akses tersebut tidak disarankan karena CS benar-benar tidak sempat untuk mengangkatnya.

Nah, sebenarnya tidak ada kendala untuk belanja online kan? Males mengisi form keranjang belanja bukanlah masalah. Tapi kalau mau cepat lewat kontak langsung, pahami juga aturan yang dibuat berdasarkan kondisi operasional olshop tersebut.
Share on Google Plus

About Lusi T

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.