Alamat Lebih Dekat, Ongkir Lebih Mahal?

Ada pembeli dengan alamat Bekasi tapi ongkos kirim (ongkir) lebih mahal dari alamat Jakarta, padahal Bekasi kan lebih dekat ke Jogja. Mengapa bisa begitu?

Kurir udara dan darat sebenarnya sama saja, semua tergantung kantor-kantor perwakilannya. Jadi, jika dalam satu wilayah, tergantung kota mana yang terdekat dengan kantor perwakilannya. Misalnya, meski Tangerang sama-sama terletak diluar Jakarta, tapi untuk kurir udara bisa lebih murah daripada alamat Bekasi. Ini karena bandara terletak di Tangerang.

Untuk kurir darat, meskipun Bekasi dilewati kurir dari Jogja ke Jakarta, tidak otomatis Bekasi lebih murah juga. Ada kurir yang memusatkan semua kiriman ke Jakarta dulu, baru kemudian menyebarnya ke kota-kota kecil disekitarnya. Ini untuk menghemat waktu dan tenaga agar tidak bolak-balik berhenti membongkar muat barang.

Perlu diperhatikan pula, untuk kiriman dalam jumlah banyak atau minimal (tiap kurir berbeda, ada yang 5 kg atau 20 kg) tidak selalu lebih murah jika alamat jauh dari kantor perwakilan. Kurir udara umumnya punya lebih banyak kantor perwakilan, sehingga penambahan biaya untuk luar kota kantor perwakilan bisa dilakukan per kilogram. Sedangkan kurir darat biasanya mengenakan tambahan biaya dalam bentuk lump sum.

Untuk paket dengan berat nanggung (5-10 kg), biasanya kita memilih kurir darat yang lebih murah. Tapi jika alamat penerima diluar kota kantor perwakilan, pastikan dulu berapa biaya tambahannya karena bisa jadi malah lebih mahal dari kurir udara.

Yang lebih penting dari semua itu adalah reputasi kurir. Apakah mudah dikonfirmasi, jarang telat dan barang tidak pernah rusak.
Share on Google Plus

About Lusi T

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments :

  1. […] Ketika melakukan simulasi ongkos kirim, pastikan anda menuliskan alamat yang tepat, termasuk wilayah kota atau kabupaten. Kurir yang menggunakan jasa udara akan mengenakan biaya yang tinggi untuk daerah yang tidak memiliki bandara. Makanya, bisa saja terjadi, mengirim ke alamat yang lebih dekat tapi malah dikenakan biaya yang lebih mahal dari alamat yang lebih jauh. Jangan kaget ketika pihak online shop mengenakan ongkir yang seperti itu. Detilnya pernah kami tulis disini. […]

    ReplyDelete

Maaf komentar dimoderasi. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.