Cara Membedakan Batik Tulis dan Cap

Disalin dari burselfwoman.com tanggal 1 Juni 2011

Teman saya, produsen batik Pekalongan, mengingatkan teman-teman di facebook untuk berhati-hati ketika membeli batik, terutama membeli batik tulis di toko atau outlet tidak terkenal. Keputusan membeli biasanya dilakukan dengan singkat dan didorong bujukan penjual. Penjual punya kecenderungan untuk mempercepat transaksi agar pembeli tidak berubah pikiran. Namun demikian, jangan sampai hal itu membuat pembeli menjadi tidak teliti.

Penjual yang juga produsen, biasanya bisamenerangkan dengan baik perbedaan antara masing-masing proses dan mutu, sehingga meski harga batik tulis lebih mahal, pembeli bisa diyakinkan bahwa harganya pantas untuk batik tulis yang proses produksinya 2-3 kali lebih lama dari proses produksi batik cap.

Penjual yang hanya menjual, tidak memproduksi sendiri, kadang tidak mengerti perbedaannya, bahkan tidak peduli. Penjual memang ada yang menipu, namun kita berbaik sangka saja bahwa penjual hanya berpatokan dari informasi pengumpul yang bisa salah, atau asal tebak saja dari tempat kulakannya. Jadi jika berhasil menawar rendah satu kemeja batik tulis, jangan terburu-buru senang, karena mungkin harganya memang serendah itu karena itu batik cap.

  • Secara kilat, beda batik tulis dan cap bisa dilihat dari pengulangan motif. Batik tulis dibuat secara manual menggunakan canting dan tangan, sedangkan batik cap menggunakan mold / cetakan yang bentuknya kotak. Dengan demikian, tidak mungkin ada pengulangan yang benar-benar presisi atau sama persis di batik tulis, sebaliknya di batik cap akan persis sama.

  • Di batik batik cap, akan tampak sambungan-sambungan akibat dari batas cetakan tadi. Di batik tulis, tentunya tidak ada.

  • Motif di batik tulis biasanya berbentuk garis-garis lengkung, bukan lurus. Susah kan membuat garis lurus di kain yang tidak diletakkan di bidang datar.

  • Jika kurang yakin, lihat saja bagian dalam kain. Di batik cap, bagian dalam hanya berupa bayangan tipis, sementara di bagian dalam batik tulis, batik-nya terlihat hamper sama bagus dengan bagian luar.

  • Harga batik tulis bisa dua kali lipat atau bahkan lebih dari dari harga batik cap, tergantung bahan dan rumit tidaknya motif, karena batik tulis mudah dikostumisasi sehingga sering ada permintaan motif khusus.


Demikian, teliti sebelum membeli. Jangan buru-buru kecewa jika batik anda cepat rusak dan sobek. Perlakuan batik tulis berbeda dengan batik pabrikan seperti buatan China, karena bahan-bahannya alami bukan kimia berbahaya, jadi tidak bisa asal masuk mesin cuci. Lain waktu kita cerita-cerita perawatannya, ya. Selain itu, mungkin anda percaya kata-kata penjual bahwa itu batik tulis dengan kain berkualitas, padahal hanya batik cap dengan kain kualitas rendah.
Share on Google Plus

About Lusi T

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.